Rabu, 18 Maret 2015

Ouval Research, Kaos Disto Lokal Bergaya Internasional

Mengenali Lebih Dekat Kaos Distro Ouval Research, Dari lokal Bandung untuk Internasional


Semangat pagi Sobat Kaos Distro Bandung. Setelah sebelumnya membahas kaos kaos distro Bandung, kali ini kita membahas salah satu kaos distro Bandung yang sudah branded dan melalangbuwana asal kota Bandung. Yup, dialah Ouval Research, branded yang selalu menerobos batas dan selalu baru. Yuk kita kenalan lebih dalam lagi.
 
kaos distro bandung, kaos ouval, kaos distro ouval, kaos distro ouval kw super, kaos ouval grade ori
Distro Ouval

A.   Latar Belakang Brand Ouval Research

OUVAL RESEARCH sendiri merupakan  nama sebuah street brand local dari sebuah holding company bernama CV. Sailan Industries. Ia dibentuk pada 1 Juni 1997 yang berawal dari pemikiran idealisme pendirinya ingin menghasilkan produk-produk yang kreatif, fleksibel serta bisa mencerminkan gaya hidup kaum muda.

Pada awaln pendiriannya, produk Ouval Research diilhami dari sebuah komunitas olah raga skateboard, yaitu sebuah komunitas yang tidak hanya sekadar olah raga tetapi dipahami sebagai suatu gaya hidup. Kemudian pemikiran idealisme ini diturunkan dalam bentuk gaya berpakaian yang bisa digunakan oleh komunitas lokal maupun internasional.


A.   Sejarah Ouval Reseach

Merk Ouval didirikan oleh tiga anak muda yaitu M. Rizki Yanuar, Firman Firdaus, dan Arif Maskom pada tahun 1997. Ketiganya adalah pemain skateboard. Berawal dari keinginan mereka untuk memenuhi kebutuhan komunitas skateboard. Dari hal itu, kemudian lahirlah ide-ide kreatif dan inovatif hasil pemikiran idealis dari ketiga anak muda itu. Mereka beranggapan bahwa skateboard bukan hanya sekedar olahraga tapi lebih jauh dari itu merupakan sebuah gaya hidup. Hasil pemikiran kreatif dari ketiga pentolan Ouval Research tersebut terlahirlah karya-karya gaya berpakaian, kaos, sweeater,  yang akhirnya menjadi trend dan gaya komunitas lokal maupun internasional.

B.   Filosofi Brand Ouval Research
Tau gag kenapa namanya harus Ouval Research? Kalo belum tahu, ini dia maknanya.. Ouval Research merupakan akronim dari” Originality for Understanding Viction and Artificial Language”. Yang memiliki filosofi semangat, spontanitas, kebersamaan, dan semua hal tentang percaya diri sendiri, serta menikmati hidup, disitu terlihat adanya sedikit “pemberontakan” gaya remaja dan anak muda
.
Adapun kata research diambil dari makna untuk selalu berusaha untuk menciptakan sesuatu yang baru baik dalam produk dan movement. Inovasi telah menjadi salah satu pilar yang fundamental sejak awal. Ini terus berlanjut dengan menciptakan sesuatu yang berbeda dan unik, dimana hal ini mewakili dari nilai dan komitmen perusahaan yang tercermin melalui kata "research".

Oleh karena itu, Ouval Research tidak akan pernah berhenti untuk selalu berpikir dan bereksplorasi. Mencoba menerobos batas antara mimpi dan realita. Berusaha untuk selalu merekonstruksi dan menemukan bentuk-bentuk baru demi pemenuhan kebutuhan youth culture akan street style.

Semangat ini pula yang mendasari pelaksanaan riset dan observasi oleh Encyclo Technology Division -divisi Research & Development Internal Ouval Research, atas life style dan street culture di beberapa kota besar di Indonesia. Sebuah penelitian yang kemudian melahirkan sebuah konklusi untuk melakukan ekspansi/memperluas jaringan dengan membuka official store di luar kota Bandung.

C.   Perkembangan Brand Ouval Research

Kisah sukses ini diawali dengan hasil patungan yang menghasilkan modal sebesar Rp. 200 ribu. Dari modal kecil itu mengalirlah kaos dan sweater karya-karya kreatif dari Ouval, yang dimulai dengan melayani usaha sesuai dengan pesanan dari konsumen juga dengan sistem konsinyasi.

Hingga pada tahun 2000 Ouval Research membuka toko sendiri di Jalan Buah Batu, Bandung dengan modal Rp. 20 juta untuk sewa tempat, disain ruangan dan persediaan barang. Dari sinilah mereka mengawali sukses sebagai pebisnis clothing dengan design kaos dan design sweater yang sukses. Disusul pada tahun 2003 Ouval mengembangkan usahanya dengan membuka toko lagi di di Jalan Sultan Agung, kawasan elit di Bandung, dengan modal Rp. 60 juta. Toko ini yang menjadi perpanjangan distribusi produk kaos dan sweater melalui berbagai distro diluar Bandung

Produk-produk kaos dan sweater Ouval Research  telah menyebar lebih dari 100 distro di seluruh Indonesia. Produk-produknya tidak sebatas kaos, sweater, dan celana saja, tapi telah merambah hingga memproduksi hoodie, kemeja, tas, topi, sepatu, sandal, papan skateboard, dan aksesoris seperti sabuk, dompet, agenda, gantungan kunci dan lain-lain.

D.   Rahasia Sukses Ouval Research

Apa yang membuat Ouval Research begitu sukses melakukan penetrasi pasar? Inilah rahasia sukses mereka “Kami Limited Edition” konsumen diberikan pelayanan yang special dengan desain produk yang terbatas tidak banyak ditemukan secara mudah. Ouval Research hanya mengeluarkan 30 design kaos atau sweater setiap bulannya dan tiap kaos dan sweater-nya hanya diproduksi sebanyak 50 sampai 100 buah saja. Produk yang benar-benar “limited” yang membuat konsumen  merasa sangat special.

Selain “limited edition” Ouval Research juga memiliki konsep desain kaos dan design sweater tersendiri yang membedakannya dengan perusahaan-perusahaan lain yang sejenis. Konsep desain ini dinamakan “contemporary design”, yaitu sebuah konsep desain modern yang melihat unsur-unsur kehidupan, khususnya kehidupan anak muda saat ini (today’s youth live) dalam sebuah perspektif baru. Disainnya mencakup dunia musik, olah raga, gaya hidup, budaya, kebijakan politik pemerintah, kekerasan, lingkungan, kemiskinan, serta modernisme, yang sekaligus menjadi karya seni yang bisa dinikmati.

Masih Penasaran? Yuk klik juga Berburu Kaos Distro Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar