Mengenali Lebih Dekat Kaos Distro Ouval Research, Dari lokal Bandung untuk Internasional
Semangat pagi Sobat
Kaos Distro Bandung. Setelah sebelumnya membahas kaos kaos distro Bandung, kali
ini kita membahas salah satu kaos distro Bandung yang sudah branded dan
melalangbuwana asal kota Bandung. Yup, dialah Ouval Research, branded yang
selalu menerobos batas dan selalu baru. Yuk kita kenalan lebih dalam lagi.
A. Latar Belakang Brand Ouval Research
OUVAL RESEARCH sendiri merupakan
nama sebuah street brand local dari sebuah holding company bernama CV. Sailan
Industries. Ia dibentuk pada 1 Juni 1997 yang berawal dari pemikiran idealisme pendirinya
ingin menghasilkan produk-produk yang kreatif, fleksibel serta bisa
mencerminkan gaya hidup kaum muda.
Pada awaln pendiriannya, produk Ouval Research diilhami dari sebuah komunitas olah raga skateboard, yaitu sebuah komunitas yang tidak hanya sekadar olah raga tetapi dipahami sebagai suatu gaya hidup. Kemudian pemikiran idealisme ini diturunkan dalam bentuk gaya berpakaian yang bisa digunakan oleh komunitas lokal maupun internasional.
A. Sejarah Ouval Reseach
Merk Ouval didirikan oleh tiga anak muda yaitu M. Rizki
Yanuar, Firman Firdaus, dan Arif Maskom pada tahun 1997. Ketiganya adalah
pemain skateboard. Berawal dari keinginan mereka untuk memenuhi kebutuhan
komunitas skateboard. Dari hal itu, kemudian lahirlah ide-ide kreatif dan
inovatif hasil pemikiran idealis dari ketiga anak muda itu. Mereka beranggapan
bahwa skateboard bukan hanya sekedar olahraga tapi lebih jauh dari itu
merupakan sebuah gaya hidup. Hasil pemikiran kreatif dari ketiga pentolan Ouval
Research tersebut terlahirlah karya-karya gaya berpakaian, kaos, sweeater, yang
akhirnya menjadi trend dan gaya komunitas lokal maupun internasional.
B. Filosofi Brand Ouval Research
Tau gag kenapa namanya harus Ouval Research? Kalo belum
tahu, ini dia maknanya.. Ouval Research merupakan akronim dari” Originality for
Understanding Viction and Artificial Language”. Yang memiliki filosofi
semangat, spontanitas, kebersamaan, dan semua hal tentang percaya diri sendiri,
serta menikmati hidup, disitu terlihat adanya sedikit “pemberontakan” gaya
remaja dan anak muda
.
Adapun kata research diambil
dari makna untuk selalu berusaha untuk menciptakan sesuatu yang baru baik dalam
produk dan movement. Inovasi telah menjadi salah satu pilar yang fundamental
sejak awal. Ini terus berlanjut dengan menciptakan sesuatu yang berbeda dan
unik, dimana hal ini mewakili dari nilai dan komitmen perusahaan yang tercermin
melalui kata "research".
Oleh karena itu, Ouval Research tidak akan pernah berhenti untuk selalu berpikir dan bereksplorasi. Mencoba menerobos batas antara mimpi dan realita. Berusaha untuk selalu merekonstruksi dan menemukan bentuk-bentuk baru demi pemenuhan kebutuhan youth culture akan street style.
Oleh karena itu, Ouval Research tidak akan pernah berhenti untuk selalu berpikir dan bereksplorasi. Mencoba menerobos batas antara mimpi dan realita. Berusaha untuk selalu merekonstruksi dan menemukan bentuk-bentuk baru demi pemenuhan kebutuhan youth culture akan street style.
Semangat ini pula yang
mendasari pelaksanaan riset dan observasi
oleh Encyclo Technology Division -divisi Research & Development Internal
Ouval Research, atas life style
dan street culture di beberapa kota
besar di Indonesia. Sebuah penelitian yang kemudian melahirkan sebuah konklusi
untuk melakukan ekspansi/memperluas jaringan dengan membuka official store di
luar kota Bandung.
C. Perkembangan Brand Ouval Research
Kisah sukses ini diawali dengan hasil patungan yang
menghasilkan modal sebesar Rp. 200 ribu. Dari modal kecil itu mengalirlah kaos
dan sweater karya-karya kreatif dari Ouval, yang dimulai dengan melayani usaha
sesuai dengan pesanan dari konsumen juga dengan sistem konsinyasi.
Hingga pada tahun 2000 Ouval Research membuka toko sendiri
di Jalan Buah Batu, Bandung dengan modal Rp. 20 juta untuk sewa tempat, disain
ruangan dan persediaan barang. Dari sinilah mereka mengawali sukses sebagai
pebisnis clothing dengan design kaos dan design sweater yang sukses. Disusul
pada tahun 2003 Ouval mengembangkan usahanya dengan membuka toko lagi di di
Jalan Sultan Agung, kawasan elit di Bandung, dengan modal Rp. 60 juta. Toko ini
yang menjadi perpanjangan distribusi produk kaos dan sweater melalui berbagai
distro diluar Bandung
Produk-produk kaos dan
sweater Ouval Research telah menyebar lebih dari 100 distro di seluruh
Indonesia. Produk-produknya tidak sebatas kaos, sweater, dan celana saja, tapi
telah merambah hingga memproduksi hoodie, kemeja, tas, topi, sepatu, sandal,
papan skateboard, dan aksesoris seperti sabuk, dompet, agenda, gantungan kunci
dan lain-lain.
D. Rahasia Sukses Ouval Research
Apa yang membuat Ouval
Research begitu sukses melakukan penetrasi pasar? Inilah rahasia sukses mereka
“Kami Limited Edition” konsumen diberikan pelayanan yang special dengan desain
produk yang terbatas tidak banyak ditemukan secara mudah. Ouval Research hanya
mengeluarkan 30 design kaos atau sweater setiap bulannya dan tiap kaos dan
sweater-nya hanya diproduksi sebanyak 50 sampai 100 buah saja. Produk yang
benar-benar “limited” yang membuat konsumen merasa sangat special.
Selain “limited edition”
Ouval Research juga memiliki konsep desain kaos dan design sweater tersendiri
yang membedakannya dengan perusahaan-perusahaan lain yang sejenis. Konsep
desain ini dinamakan “contemporary design”, yaitu sebuah konsep desain modern
yang melihat unsur-unsur kehidupan, khususnya kehidupan anak muda saat ini
(today’s youth live) dalam sebuah perspektif baru. Disainnya mencakup dunia
musik, olah raga, gaya hidup, budaya, kebijakan politik pemerintah, kekerasan,
lingkungan, kemiskinan, serta modernisme, yang sekaligus menjadi karya seni
yang bisa dinikmati.
Masih Penasaran? Yuk klik juga Berburu Kaos Distro Bandung
Tidak ada komentar:
Posting Komentar